1.2.a.9. Koneksi Antar Materi: Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak
Setelah belajar
dalam PGP angkatan 2 selama dua bulan, sebagai CGP kami dituntut untuk mampu
menghasilkan kesimpulan berdasarkan materi modul 1.2. Nilai & Peran Guru
Penggerak serta kaitannya dengan modul 1.1. Filosofi Pendidikan Ki Hadjar
Dewantara,
Terdapat lima nilai utama di dalam seorang Guru Penggerak yaitu:
1. berpihak
pada murid
2. kreatif
3. reflektif
4. mandiri
5. inovatif
hal tersebut harus ada dalam diri seorang GP sesuai dengan peran GP yang
sangat besar dalam dunia pendidikan, yaitu:
1. Mewujudkan
Kepemimpinan Murid
2.
Pemimpin pembelajaran
3.
Mendorong kolaborasi antar guru
4.
Menjadi coach guru lain
5.
Menggerakkan komunitas praktisi
Nilai dan peran seorang Guru Penggerak terkait sangat erat dengan
filosofi Ki Hadjar Dewantara, yaitu murid menjadi priotitas utama atau guru
berhamba pada murid. Seorang guru penggerak harus mandiri, kreatif, inovatif,
dan reflektif untuk menyelenggarakan pendidikan yang berpihak pada murid,
artinya kepentingan murid yang diutamakan sesuai kodratnya agar terwujud
manusia bahagia dan berakhlak mulia. Sesuai prinsip Ing ngarso sung tulodho,
seorang guru penggerak harus dapat menjadi pemimpin pembelajaran yang baik dan
mampu menggerakkan komunitas praktisinya, seperti MGMP dan rekan guru lainnya.
Prinsip Ing madya mangun karsa sesuai peran Guru Penggerak dalam mendorong
kolaborasi antar guru dan menjadi coach atau mnetor guru lain agar rekannya
berkembang lebih maju. Tur wuri handayani dapat diaplikasikan dalam peran guru
untuk mewujudkan kepemimpinan murid, yaitu guru terus mendorong muridnya untuk
terus belajar agar dapat hidup mandiri dan berkahlak mulia.
Harapan saya saat selesai pendidikan Guru Penggerak angkatan 2 ini adalah
saya memiliki nilai-nilai seorang Guru Penggerak di dalam diri saya dan
tertanam dengan kuat sehingga saya dapat berperan sebagai Guru Penggerak yang
semestinya. Upaya dan strategi yang dapat saya lakukan untuk mewujudkannya
adalah dengan:
- menciptakan
pembelajaran yang mendorong murid aktif dan proaktif,
- menggunakan
bahan sekitar rumah (kodrat alam) dan teknoligi terkini dalam pembelajaran
- mencari
ide-ide baru untuk mengajar
- mengikuti
berbagai pelatihan IT
- menciptakan
kesadaran bekerjasama antar guru agar semua berpartisipasi dan saling
mengevaluasi dengan pikiran positif,
- menyusun
visi dan misi sekolah secara bersama rekan guru lain
- mengembangkan
model pembelajaran hasil pelatihan mandiri agar guru lain menirunya
- memecahkan
masalah pembelaajran daring bersama guru lain
- Mengembangkan
dan mempublikasikan hasil inovasi pembelajaran yang berpusat pada siswa
pada kegiatan MGMP
- Membuat
trobosan berupa model soal latihan yang dikelola oleh komunitas
Beberapa strategi di atas dapat terlaksana tentu melibatkan berbagai
pihak, di antaranya:
1. murid, berperan sebagai aktor
utama dalam proses pembelajaran seorang guru. Model pembelajaran yang akan
diterapkan guru tentunya melibatkan murid yang pro aktif dan menghargai guru.
2. Rekan guru, berperan sebagai
kolaborator dan teman diskusi
3. Kepala sekolah, berperan sebagai
motivator dan pemimpin guru untuk melaksanakan visi/program sekolah
4. Pengawas Sekolah, berperan dalam
monitoring visi/program sekolah
5. Orang tua murid, berperan dalam
mendukung visi/program sekolah
6. Pihak ketiga, berperan dalam
menyokong dana dan mensupport program sekolah
Dengan
memahami materi nilai dan peran Guru Penggerak yang dikaitkan dengan filosofi
Ki Hadjar Dewantara, Saya merasa ditantang untuk menyusun rencana perubahan
kecil yang perlu dilakukan secara rutin oleh diri CGP dalam kegiatan sehari
hari sebagai diri pribadi maupun dalam aktivitas sebagai guru di sekolah, di
antaranya:
1.
Lebih perhatian pada murid
2. Memberi contoh murid kebiaasaan-kebiasaan
baik, seperti sopan santun, ramah tamah, empati, dansebgainya
3.
membiasakan disiplin dan mengatur waktu
dengan baik
4.
membuang kebiasaan buruk/negatif yang
menghambat guru untuk maju, misalnya rasa malas, tidak percaya diri, dan merasa
paling benar
5.
mendukung program-program pemerintah dan
ikut mensosialisasikannya melalui berbagai media
6.
mengajak rekan guru untuk mengikuti
kegiatan – kegiatan positif
Demikian
kesimpulan yang bisa saya berikan terkait nilai dan peran Guru Penggerak dikaitkan
dengan fislosofi Ki Hadjar Dewantara. Semoga menambah wawasan pembaca. Kritik
dan saran yang sifatnya membangun, silakan bisa disampaiakn melalui kolom
komentar.
No comments:
Post a Comment